Bagian
kali ini adalah bagian yang membahas tentang bahasa - bahasa dasar
elemen - elemen yang ada di dalam Java dan syntax untuk bahasa program
Java. Setelah menguasai konsep bahasa dasar ini di harapkan anda bisa
melanjutkan ke bagian pemrograman berorientasi obyek.
Keywords
Adalah
beberapa kata yang akan di baca oleh kompiler yang memiliki fungsi -
fungsi tertentu. Keywords tidak bisa di gunakan atau di pakai sebagai
nama variabel, nama class, atau nama method. Semua Keywords di Java
adalah case sensitive, jadi harus teliti dalam menuliskan keywords
tersebut.
Berikut adalah keywords yang ada di dalam Java, informasi mengenai keywords bisa di ambil di situs Sun Java atau sekarang sudah menjadi Oracle.
Berikut adalah keywords yang ada di dalam Java, informasi mengenai keywords bisa di ambil di situs Sun Java atau sekarang sudah menjadi Oracle.
abstract default if private this
boolean do implements protected throw
break double import public throws
byte else instanceof return transient
case extends int short try
catch final interface static void
char finally long strictfp volatile
class float native super while
const for new switch
continue goto package synchronized
Semua
keywords yang ada di dalam Java menggunakan huruf kecil. Untuk informasi
lebih lanjut mengenai perbedaan dalam keywords, silahkan unduh dokumen
yang di buat oleh javabeginner.com Komentar
Komentar
adalah deskripsi yang di tambahkan ke dalam kode program yang di
gunakan untuk mempermudah pembacaan kode program. Compiler akan
mengabaikan komentar yang di tulis sehingga tidak akan mempengaruhi kode
program yang lain, karena komentar adalah aset untuk mendokumentasikan
kode program.
Java mendukung tiga jenis penulisan komentar :
Block style adalah komentar yang di awali oleh /* dan di akhiri oleh */ yang di dalamnya dapat di tuliskan beberapa baris komentar.
Line style adalah komentar yang di awali oleh // yang di akhiri oleh akhir dari baris komentar(jadi komenar ini cuman bisa satu baris).
Documentation style adalah komentar yang di awali oleh /** dan di akhiri oleh */ yang fungsinya sama seperti block style. Komentar ini biasanya di buat dengan alat dokumentasi otomatis seperti javadoc.
Java mendukung tiga jenis penulisan komentar :
Block style adalah komentar yang di awali oleh /* dan di akhiri oleh */ yang di dalamnya dapat di tuliskan beberapa baris komentar.
Line style adalah komentar yang di awali oleh // yang di akhiri oleh akhir dari baris komentar(jadi komenar ini cuman bisa satu baris).
Documentation style adalah komentar yang di awali oleh /** dan di akhiri oleh */ yang fungsinya sama seperti block style. Komentar ini biasanya di buat dengan alat dokumentasi otomatis seperti javadoc.
Variabel dan Tipe data
Variabel
adalah tempat yang di gunakan untuk menyimpan data yang selanjutnya
dapat di olah pada saat pengoperasian program. Semua variabel memiliki
nama, tipe data, dan jangkauan atau luas dari variabel tersebut.
Variabel memiliki tipe data yang mewakili tipe data seperti apa yang
dapat di simpan dalam variabel tersebut.
Pendeklarasian variabel yang di lakukan di dalam sebuah block atau method di panggil sebagai variabel lokal, variabel tersebut tidak otomatis di deklarasikan. Jika variabel tidak di beri nilai lalu di tampilkan hasilnya, maka biasanya akan menampilkan pesan error.
Java memiliki empat tipe data primitif :
Pendeklarasian variabel yang di lakukan di dalam sebuah block atau method di panggil sebagai variabel lokal, variabel tersebut tidak otomatis di deklarasikan. Jika variabel tidak di beri nilai lalu di tampilkan hasilnya, maka biasanya akan menampilkan pesan error.
Java memiliki empat tipe data primitif :
- Integer : byte, short, int, dan long
- Floating point : float dan double
- Character(Karakter) : char
- Boolean : tipe data yang isinya hanya True atau False
Tabel di bawah yang di ambil dari situs Java, memberitahukan nilai jangkauan tipe data yang ada di dalam Java.
Data Type | Default Value (for fields) | Range |
byte | 0 | -127 to +128 |
short | 0 | -32768 to +32767 |
int | 0 | |
long | 0L | |
float | 0.0f | |
double | 0.0d | |
char | ‘\u0000′ | 0 to 65535 |
String (object) | null | |
boolean | false |
Ketika kita mendeklarasikan variabel, pertama yang harus di tulis adalah tipe datanya yang selanjutnya di ikuti oleh nama variabel dan valuenya(value optional, bisa langsung diisi atau tidak).
Sebagai contoh :
String nama = "Celeb 17";
Di dalam java, semua tipe data memakai huruf kecil terkecuali String(itu yang saya tahu). Jika kita tidak mengisi value variabel, maka program akan otomatis mengisi value dengan isi default sebagaimana tipe data tersebut.
Aturan penulisan variabel :
- Bisa terdiri dari huruf kecil dan besar (biasanya kata pertama huruf kecil di awali dengan huruf besar), angka, karakter khusus dollar ($) dan karakter khusus underscore (_)
- Harus di awali dengan huruf, karakter khusus dollar($) atau karakter khusus underscore(_)
- Variabel yang di tulis case sensitive
- Tidak bisa menulis nama variabel yang sama seperti Keywords
Class (Kelas)
Adalah
kumpulan dari definisi data dan fungsi - fungsi yang di gabung dalam
satu paket untuk suatu tujuan tertentu. Class di gunakan untuk membuat
obyek yang mendefinisikan atribut/propertinya dan perilakunya(menurut
saya itu method). Proses membuat object dari sebuah class di sebut
sebagai instantiation.
Instance Members
Instance
Members adalah anggota dari sebuah obyek yang terdiri dari Instance
Variables dan Instance Methods. Instance Members hanya bisa di akses
melalui referensi obyek(bokuwane wakaranai, mohon pencerahannya).
Static Members
Static
Members adalah anggota yang sama sekali tidak berhubungan dengan obyek,
anggota tersebut di simpan langsung di dalam class. Static Variables dan
Static Methods adalah bagian dari Static Members. Tidak seperti
Instance Members, Static Members dapat di akses melalui nama class atau
referensi obyek(bokuwane wakaranai, mohon pencerahannya).
Di bawah ini adalah kode program yang berisi elemen - elemen yang sudah kita bahas di atas :
Referensi Obyek : helloObj (baris 1)
Obyek yang di buat : helloObj (baris 2)
Member fungsi : printMessage
Field : output(String)
Static Member : helloObj
Instance Member : output(Sting)
Sekian artikel yang saya berikan, semoga bermanfaat dan tolong beritahu kesalahan dan solusi atau perbaikan yang saya buat melalu komentar.
Sumber pendukung artikel ini adalah : www.javabeginner.com
Di bawah ini adalah kode program yang berisi elemen - elemen yang sudah kita bahas di atas :
/** Komentar
* Displays "Hello World!" to the standard output.
*/
public class HelloWorld {
String output = "";
static HelloWorld helloObj; //Baris 1
public HelloWorld(){
output = "Hello World";
}
public String printMessage(){
return output;
}
public static void main (String args[]) {
helloObj = new HelloWorld(); //Baris 2
System.out.println(helloObj.printMessage());
}
}
Nama Class : HelloWorldReferensi Obyek : helloObj (baris 1)
Obyek yang di buat : helloObj (baris 2)
Member fungsi : printMessage
Field : output(String)
Static Member : helloObj
Instance Member : output(Sting)
Sekian artikel yang saya berikan, semoga bermanfaat dan tolong beritahu kesalahan dan solusi atau perbaikan yang saya buat melalu komentar.
Sumber pendukung artikel ini adalah : www.javabeginner.com
0 komentar:
Posting Komentar