Sejarah
Telkomsel, Operator Seluler GSM Pertama di Asia
Telkomsel
merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia yang
pernah meluncurkan layanan paskabayar pertamanya sekitar tanggal 26 Mei 1995.
Pada saat itu kepemilikan saham Telkomsel dikuasai oleh PT. Telkom (51%) dan
PT. Indosat (49%), dan Telkomsel pernah berhasil menjadi sebuah operator
seluler pertama yang menawarkan layanan prabayar GSM di Asia pada November
1997. Sepanjang sejarah Telkomsel, operator ini memiliki tiga produk GSM, yaitu
simPATI (prabayar), KartuAS (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar). Saat ini
saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi
Singapura SingTel (35%). Telkom merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas
sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedangkan SingTel
merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah
Singapura. Pada tahun 1995, secara resmi Telkomsel mendapat izin untuk
memberikan jasa telekomunikasi selular GSM-nya secara resmi, setelah sebelumnya
sukses sebagai pilot project Telkom dalam proyek percontohan GAM do Batam.
Berbeda dengan operator lain, sejarah Telkomsel dilanjutkan
dengan mulai membangun jaringan dan melayani pelanggannya dari luar jawa
seperti dari Batam, Medan dan daerah-daerah lainnya. Lalu pada tahun 1996,
Telkomsel mulai beroperasi di ibu kota Jakarta dan berhasil melayani seluruh
propinsi yang di seluruh Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya
pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.
Setelah
berhasil meluncurkan produk paskabayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi
operator yang mempelopori kartu prabayar isi ulang di ASIA dengan meluncurkan
produk pertamanya simPATI. Kartu simPATI tersebut diluncurkan saat krisis
ekonomi melanda yaitu sekitar tahun 1997, karena hal itu pula Telkomsel
memberikan solusi kepada para pengguna jasa selular untuk melakukan
pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal yang mengejutkan, Telkomsel berhasil
mendapatkan sertifikat ISO 9002 untuk Costumer Service On-Line dari PT Tuv
Rheinland Jerman, di mana hal tersebut juga berarti menandai layanan pelanggan
Telkomsel bahwa mereka telah memenuhi standarisasi mutu internasional.
Pada
tahun 1998, Telkomsel membuat program baru untuk mengembangkan jaringannya
dengan mencanangkan Word Class Operator sebagai tolak ukur standar layanan yang
dimilikinya. Positioningbaru untuk kartu prabayar Telkomsel yang
dinamai dengan simPATI Nusantara tersebut bermottokan simPATI tetap terkendali.
Kartu simPATI sebelumnya hanya bisa digunakan di area registrasinya saja, namun
kini simPATI bisa digunakan di seluruh wilayah di Indonesia.
Pada
tahun 2000, Telkomsel juga mempelopori layanan Mobile Banking di Indonesia yang
bekerja sama dengan Bank Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Tekomsel dalam
mengintegrasikan sistem teknologi telekomunikasi dan informasi dalam
sistem banking. Sekitar akhir bulan Maret 2009, Telkomsel berhasil
memiliki pelanggan sekitar 72.1 juta orang berdasarkan statistik industri yang
mewakili pangsa pasar dengan perkiraan sekitar 50%. Telkomsel menyediakan
layanan selular di Indonesia melalui produk dual band GSM
900-1800 MHz, jaringan 3G serta jaringan internasional melalui 341 mitra
roaming internasional di 180 negara (menurut catatan akhir Maret 2009). Pada
September 2006 pun Telkomsel berhasil menjadi operator pertama
di Indonesia yang meluncurkan layanan jaringan 3G.
Sungguh
sangat beragam dan lika liku perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Berbagai
keberhasilan pun secara perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South
Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G di Indonesia pada tanggal 20 Maret 2009
lalu. Dan ini merupakan salah satu kesuksesan Telkomsel lainnya yang pastinya
sangat membanggakan para pelanggan setianya.
Operator Telkomsel disebut-sebut
memiliki jangkauan jaringan terbesar di Indonesia, di mana menyediakan
jangkauan jaringan yang mencapai lebih dari 95% dari jumlah penduduk Indonesia
dan di klaim bahwa Telkomsel merupakan satu-satunya operator di Indonesia yang
mencakup seluruh negara, provinsi dan kabupaten, baik kecamatan yang ada di
Sumatra, Jawa maupun Bali. Perusahaan Telkomsel ini menawarkan GSM dual band
(900 & 1800), GPRS, WiFi,
EDGE dan teknologi 3G.
Slogan
yang dimiliki oleh PT.TELKOMSEL adalah Begitu Dekat Begitu Nyata.
Dengan slogan ini pula diharapkan dapat menjadikan TELKOMSEL sebagai perusahaan
jasa telekomunikasi bergerak yang paling banyak jumlah pelanggannya serta
selalu mengutamakan kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam
menyediakan jasa pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
0 komentar:
Posting Komentar